(0370) 65409
bkpp@lomboktengahkab.go.id
Jln. Gajah Mada No. 105 Praya Kabupaten Lombok Tengah
blog-img
15/04/2019

Pembukaan Latsar CPNS Angkatan I Tahun 2019

Tia | LATSAR 2019

Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang kini disebut dengan Aparatur Sipil Negara (ASN) merupakan unsur utama dalam menentukan keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan. Sosok PNS ini sudah seyogyanya memiliki kompetensi baik dari sikap maupun perilaku, penuh dengan semangat pengabdian kepada negara, bermoral dan bermental baik, profesional, serta sadar akan tanggung jawab sebagai pelayan publik. Untuk dapat membentuk sosok Pegawai Negeri Sipil (PNS) seperti itu, tentu sangat perlu dilaksanakan pembinaan melalui jalur pelatihan dan pendidikan dasar.

Seperti yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, masa percobaan Calon PNS kini adalah 1 tahun Dan, dalam masa percobaan itu, wajib diselenggarakan pelatihan dasar bagi Calon PNS. Artinya, Calon PNS wajib menjalani masa percobaan selama 1 (satu) tahun melalui proses pendidikan dan pelatihan dan harus dinyatakan lulus. Penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan (diklat) ini pun  sedikit berbeda. Jika sebelumnya diklat untuk Calon PNS ini kita menyebutnya dengan diklat prajabatan, kini diklat prajabatan hanya diperuntukkan bagi Calon PNS yang diangkat dari tenaga honorer kategori 1/2 dan formasi khusus. Sedangkan bagi Calon PNS yang direkrut melalui jalur formasi umum telah berganti nama menjadi Pelatihan Dasar (Latsar).

Peraturan Kepala LAN Nomor 10 Tahun 2015 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Prajabatan Calon Pegawai Negeri Sipil Golongan I, Golongan dan/atau Golongan III yang Diangkat dari Tenaga Honorer  Kategori 1 dan/atau Kategori 2 dan Peraturan LAN Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil Golongan III, yang pada akhirnya menjadi dasar bagi Bidang Diklat ASN Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Lombok Tengah untuk menyelenggarakan Pelatihan Dasar (Latsar) pada tahun 2019

Untuk itu, sebanyak 36 orang CPNS Kabupaten Lombok Tengah mengikuti Pelatihan Latihan (Latsar) Angkatan I yang berlangsung dari tanggal 7 April s.d 12 Juni 2019 di Balai Diklat Kabupaten Lombok Tengah. Pelaksanaan Pelatihan Dasar (Latsar) CPNSD Angkatan I terdiri dari pembelajaran klasikal (On Campus) dan non klasikal (Off Campus). Kegiatan dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Tengah, H. M. Nursiah, S.Sos., M.Si. pada hari Senin (8/4/2019) didampingi oleh Kepala BKPP Kabupaten Lombok Tengah, H. Moh. Nazili, S.IP. Dalam sambutannya, Sekda mengutarakan tentang pentingnya mempertahankan serta meningkatkan sikap disiplin dalam bekerja secara terus-menerus. Disiplin ini, tambah Beliau, berkaitan dengan ketentuan waktu atau jam kerja sebagai PNS sebagaimana yang telah diatur dalam aturan.

Bagikan Ke:

A

Almizu
16 May 2019 11:51

Keren ini beritanya :D


Populer